Sekretariat Nasional Asean

Sekretariat Nasional Asean

Didampingi Franka Makarim dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidik Provinsi Bali, I Made Alit Dwitama; Mendikbud meninjau pelaksanaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Lingkungan Puri Damai. Setelah itu kunjungan berlanjut ke Agung Rai Museum of Art dan Museum Arkeologi Gedong Arca. Menutup kunjungannya, Mendikbud menyambangi rumah dinas Gubernur Bali untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Bali ingin membangkitkan perekonomian setelah covid

Sektor yang terpenting di antaranya adalah sektor transportasi dan logistik yang menghubungkan produk-produk pertanian ke pasar, juga sektor-sektor yang mengangkut input, baik bahan baku, maupun mesin-mesin atau alat-alat berat yang penting dalam aktivitas produksi pertanian. Saat ini, kegiatan ini mulai terganggu dengan dibatasinya mobilitas akibat adanya kebijakan restriksi sosial . Khusus terkait sektor perkebunan, seperti kopi, diperparah oleh kondisi ekonomi world dan sifatnya yang tingkat esensialnya tidak setinggi bahan kebutuhan pokok.

Pemerintah akan melakukan pengawasan secara ketat, untuk pelaksanakan protokol kesehatan, meningkatkan operasi yustisi yang dilaksanakan oleh Satpol PP, aparat kepolisian dan TNI,” jelas Airlangga. “Karena dari survei yang kita lakukan sekarang ini motivasi disiplin terhadap protokol kesehatan Tembak Ikan Terpercaya masyarakat itu berkurang. Kinerja sektor rumah tangga kembali melambat pada triwulan IV 2020 dan masih terkontraksi karena dampak COVID-19. Namun demikian, stabilitas keuangan daerah masih terjaga diantaranya didorong oleh peningkatan konsumsi, pertumbuhan kredit, dan optimisme konsumen.

Menparekraf Sandiaga Uno menginginkan Bali menjadi contoh bagi lima destinasi tremendous prioritas untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meminta Bank Pembangunan Daerah dan bank-bank swasta nasional segera menurunkan suku bunga kredit mengikuti pemangkasan suku bunga acuan utama yang dilakukan bank sentral. Langkah itu diperlukan guna mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Gubernur Koster juga mengharapkan semua pemangku kebijakan di RI, jangan serasa ‘habis manis sepah dibuang’ dalam menangani dampak-dampak pandemi yang menyebabkan kontraksi ekonomi yang dalam di Bali. “Kalau situasi normal, besar sekali kontribusi Bali untuk devisa dari sektor pariwisata. Namun sekarang stuck, dengan kontraksi ekonomi yang mungkin paling parah sepanjang sejarah,” terang pria kelahiran Sembiran, Kabupaten Buleleng ini.

Pada triwulan IV 2020, ekspor tercatat tumbuh 5,23% seiring dengan pemulihan kondisi perekonomian mitra dagang utama Lampung, terutama Amerika Serikat, Tiongkok dan India. Adapun kelompok komoditas ekspor yang mengalami peningkatan signifikan, yakni kelompok lemak dan minyak hewan/nabati serta kelompok kopi, teh, dan rempah-rempah. Sementara itu, kinerja konsumsi pemerintah (-0,15%; yoy) dan Lembaga Non Profit Rumah Tangga (-1,02%; yoy) membaik didorong oleh percepatan realisasi anggaran pemerintah daerah, khususnya belanja barang dan jasa, serta pelaksanaan Pilkada pada Desember 2020. Di sisi lain, konsumsi rumah tangga (-3,97%; yoy) dan investasi (-8,47%; yoy) terkontraksi lebih dalam. Kontraksi konsumsi masyarakat tersebut antara lain dipengaruhi oleh peningkatan kasus pandemi COVID-19 yang menyebabkan diberlakukannya kembali berbagai pembatasan serta melandainya mobilitas masyarakat di lokasi perdagangan ritel, rekreasi, dan taman. Berakhirnya panen komoditas pertanian dan perkebunan pada triwulan IV 2020 turut memengaruhi penurunan konsumsi masyarakat, sebagaimana tercermin pada kontraksi Nilai Tukar Petani yang masih terjadi pada triwulan IV 2020 (-4,73%;yoy).

Comments are closed.