Kunjungan Turis Asing Ke Indonesia Kembali Dibuka Pada Juni

Kunjungan Turis Asing Ke Indonesia Kembali Dibuka Pada Juni

Selain mempersiapkan Bali, Menparekraf juga mengatakan ada four langkah yang harus industri pariwisata lakukan demi membangun kepercayaan, jika ingin menarik wisatawan mancanegara dan nusantara. Jakarta, Beritasatu.com – Saat ini, dunia pariwisata, termasuk Indonesia mempersiapkan diri menghadapi era normal baru atau new regular pascapandemi Covid-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengubah pola interaksi dan sosialisasi para pelaku industri pariwisata. Menghadapi masa tersebut, Menparekraf mengatakan Bali sudah dipersiapkan menjadi destinasi new regular Indonesia. “Ada pelanggaran protokol kesehatannya juga selain jam operasional. Khususnya kerumunan dan tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai Perwal,” ujarnya.

“Ini diperlukan pemahanan bersama sebelumnya dari semua tim, sehingga sudah kita lakukan TOT sebelumnya,” jelasnya. Koster menegaskan, pemerintah pusat tak akan mengizinkan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, jika masih ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan di Pulau Dewata. DENPASAR, iNews.id – Gubernur Bali Wayan Koster menyebut pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara akan dibuka pada 2021. Namun itu bisa terwujud jika kasus Covid-19 bisa terkendali saat libur Natal dan Tahun Baru . Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua IHGMA DPD Bali, I Nyoman Astama. Menurutnya hal ini dapat memberi semangat dan harapan tersendiri bagi pengusaha dan pekerja bahwa sektor pariwisata bisa segera pulih.

Warga Bali mulai membuka kembali usahanya

Dan, pariwisata merupakan salah satu bidang yang sangat diperhatikan oleh Pemerintah. Hal ini dikarenakan penerimaan negara melalui pariwisata sangat tinggi, juga dapat menciptakan lapangan kerja. Teknis evaluation sendiri pihaknya mengaku juga bekerja sama dengan pemerintah kab/kota. Ia mengaku untuk Resort, dan Hotel bintang lima diverifikasi oleh tim provinsi, sementara untuk homestay, hotel bintang three dan DTW diverifikasi oleh tim kab/kota.

Badung – Pariwisata menjadi sektor paling terpuruk sejak pandemic Covid-19 melanda dunia dengan hebatnya. Dampak itu dirasakan oleh sektor pariwisata di seluruh dunia, tak terkecuali Bali yang sebagian besar ekonominya bergantung dari sektor ini. Setelah lebih dari tiga bulan sektor ini tidak di buka di Bali, Pemprov Bali akhirnya berencana membuka pada tanggal 5 Juli mendatang. Berbagai langkah persiapan regular baru pun dilakukan termasuk sertifikasi pariwisata yang di dalamnya mencakup penerapan standar protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Warga Lembongan yang sudah mapan bekerja di usaha pariwisata pun kembali menekuni rumput laut. I Nyoman Sulitra, forty six tahun, Manajer restoran L Good yang indah di dekat dermaga ini masih buka dengan keterbatasan tenaga kerja. “Kami selalu melakukan koordinasi dengan pengelola Destinasi wisata, serta dengan Pemerintah Provinsi Bali terkait dengan bagaimana dan kapan Destinasi wisata dapat dibuka kembali, sehingga perekonomian masyarakat di sektor pariwisata dapat pulih kembali,” ujarnya. Sumatri mengatakan, Pemkab Karangasem telah melakukan berbagai upaya penanganan Covid-19 dalam memulihkan kembali perekonomian masyarakat khususnya sektor pariwisata. Koordinasi dengan pengelola destinasi wisata dan pemerintah Bali terus dilakukan untuk memastikan pembukaan objek wisata yang ada.

Namun, pandemi korona telah memukul sektor yang seperempatnya menyumbang devisa nasional. Sementara itu, I Ketut Ardana, Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Travel Agent Indonesia , mengungkapkan, kerugian sektor pariwisata yang ditaksir Pemprov Bali masuk akal. Putu mengatakan, pihaknya tak mengalokasikan anggaran untuk insentif bagi pelaku usaha wisata di Bali, bahkan untuk biaya sertifikasi industri penginapan. “Kita nggak punya anggaran untuk sertifikasi ini. Betul-betul gotong royong,” ungkapnya. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Bali mengaku sektor pariwisata kehilangan pendapatan Rp9,7 triliun per bulan akibat pandemi korona. Ini menjadi momen perdana Bali membuka pintu masuknya bagi turis nusantara, setelah lebih dari three bulan, sejak 18 Maret ditutup akibat pandemi korona.

“Dengan mengikuti pelatihan, para pekerja pariwisata memiliki nilai tambah, motivasi, semangat, dan etos kerja yang baru,” ungkapnya. Diakui Menparekraf, usaha untuk memulihkan reputasi Indonesia di panggung global tidaklah mudah. Mengingat, saat ini negara-negara lain juga berlomba menarik para wisatawan ke negaranya. Sekarang zaman sudah serba canggih, untuk menjangkau banyak pembeli, kamu bisa membuka bisnis toko sembako on-line Daftar Slot Terpercaya . Usaha berjualan sembako bisa semakin sukses dengan menambah keragaman produk yang dijual. Sembako tetap menjadi komoditas bisnis utama, tapi juga harus dilengkapi dengan produk tambahan lainnya yang laku keras.

Comments are closed.