Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan Di Tengah Pandemi Corona

Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan Di Tengah Pandemi Corona

Dalam kondisi ini, masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan corona virus baru. Sebagian besar masyarakat Bali sadar akan bahaya virus Corona yang serta merta apabila tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan nyawa melayang sia-sia. Selain itu, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin menunjukkan penurunan angka kasus covid-19.

Tempat wisata yang biasa ramai seperti kuil Senso-ji di Tokyo dan kompleks kuil Angkor Wat di Kamboja telah melaporkan penurunan dramatis jumlah pengunjung. Kementerian Pariwisata Thailand pada 9 Maret melaporkan penurunan 44% untuk Februari. Sementara itu, pakar kreatif strategi pariwisata usulkan pemerintah bangun new regular destinantion.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf tengah mengembangkan wisata kemanusiaan. Hal ini dilakukan untuk membantu ekonomi kreatif bangkit dan sektor kesehatan yang berjuang di tengah pandemi. “Tak ada satupun orang di Bali yang tidak terhubung dengan sektor pariwisata. Bahkan pertanian pun sama, kita bisa lihat berapa banyak hasil tani yang tak diserap oleh hotel-hotel di Bali, hotel-hotel kosong kan,” jelas Tjokorda kembali. Ia menjelaskan, pariwisata Bali mulai terimbas virus ini sejak Februari. Anjloknya angka kunjungan wisatawan terus terjadi hingga per 13 April lalu, sektor pariwisata Bali turun hingga 93,24 persen. Yakni, bagaimana oeran masyarakat dalam disiplin menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Melalui proses jurnalistik, mediaetam.com merajut kata dan fakta, menyuguhkan berita dengan proses jurnalistik dengan cara profesional, tanpa hoaks. Pihaknya hanya berharap kondisi ini tidak berlarut-larut hingga menimbulkan kegaduhan. Sebab pihak yang terkena dampaknya juga tidak memiliki uang untuk menggaji karyawan secara terus menerus. “Kira-kira kita bisa memaklumi ya adanya kebijakan-kebijakan Daftar Slot Terpercaya untuk mengisolir dari warga yang out break terhadap penyakit ini, yaitu Wuhan. Meskipun pandemi Covid-19 belum juga mereda, Gubernur Bali Wayan Koster telah mempersiapkan rencana pemulihan pariwisata Bali. Hal ini dilakukan melalui Rapat Koodinasi Percepatan Pemulihan pariwisata dan Perekonomian Bali yang bertajuk “We Love Bali Movement” di Denpasar pada Jumat (6/3) lalu.

Bali setelah covid

Sebelum menutup, saya ingin mengangkat sebuah hal menarik yang disampaikan oleh seorang teman yang sangat baik dan pintar yang juga memiliki perhatian yang sama besarnya dengan saya terhadap industri pariwisata Bali. Namun dengan semua ini Bali masih terbuka untuk pariwisata domestik, meski pemerintah mulai memberlakukan pembatasan fasilitas umum dan tempat wisata yang biasanya mengundang keramaian. Tetapi dari pendalaman hasil laboratorium oleh tim dokter kurang lebih dalam waktu enam hari, WNA tersebut dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19.

Dewi menyebut pada 10 Januari 2021, sehari sebelum PPKM, jumlah kasus aktif mencapai 122 ribu atau 14,84% dari whole kasus positif Covid-19. Pertimbangan Pemerintah melakukan langkah ini, adalah juga untuk menjaga keseimbangan antara sisi ekonomi dan aspek kesehatan. Seiring dengan semakin membaiknya beberapa indikator perekonomian , maka perlu tetap meningkatkan upaya menjaga kesehatan masyarakat, melalui pengendalian penyebaran virus Covid-19 secara terukur. “Tingkat kerentanan untuk terinfeksi virus covid-19 sebelum dan sesudah vaksin sama saja. Yang bisa mencegah kita tertular hanya dengan menjalankan protokol kesehatan,” katanya menambahkan.

Comments are closed.